Manfaat Penilaian Psikologis untuk Anak-anak

Jika seseorang menyarankan bahwa anak Anda mungkin mendapat manfaat dari penilaian psikologis, Anda mungkin bingung tentang kebutuhan akan hal itu dan bertanya-tanya apa yang terjadi selama pertemuan atau evaluasi dengan psikolog anak kami.

Anak-anak dapat dirujuk untuk penilaian psikologis karena berbagai alasan. Antara lain, mereka mungkin mengalami depresi atau cemas, memiliki masalah perhatian atau perilaku di rumah atau di sekolah, menjadi sasaran bullying, atau memiliki gangguan belajar. Seringkali ketika anak-anak berjuang di sekolah atau tampaknya berada di belakang rekan-rekan mereka secara perkembangan, seorang penasihat atau guru akan menyarankan anak tersebut menjalani penilaian psikologis.

Hasil-hasil dari jenis evaluasi ini akan mengungkapkan bidang-bidang mana anak itu bekerja dengan baik dan mana yang mungkin perlu dia tangani (misalnya: ketidakmampuan belajar yang tidak terdiagnosis).
“Mengevaluasi anak Anda dapat mendorong peningkatan fungsi akademik dan emosional.”

Siapa yang Melakukan Penilaian Psikologis?


Penilaian dilakukan oleh psikolog anak terlatih yang ahli dalam apa yang mereka lakukan. Para profesional kesehatan mental ini mengevaluasi kekuatan dan kelemahan anak, kemudian bekerja dengan orang tua dan guru untuk merumuskan pendekatan untuk membantu perkembangan anak.

Apa Yang Terjadi Selama Tes Psikologi Anak?

Evaluasi ini tidak mengintimidasi cara tes “sebenarnya”. Yang terbaik adalah jika anak santai selama penilaian, jadi evaluasi itu bukan tes lulus atau gagal seperti yang biasanya Anda pelajari.

Selama penilaian psikologis, psikolog anak akan: Wawancarai (berbicara dengan) anak dan orang tua mereka untuk belajar lebih banyak tentang keterampilan emosi dan perilaku mereka, di samping fungsi neurologis mereka di berbagai bidang seperti pemrosesan spasial. Dalam beberapa kasus, mereka juga dapat berbicara dengan guru anak atau orang lain yang mengenal anak dengan baik.

Akan mengamati anak selama evaluasi. Bergantung pada alasan tes, psikolog anak juga dapat mengunjungi anak di rumah atau di sekolah untuk mengevaluasi interaksi mereka dengan orang lain.

Akan meminta anak menyelesaikan tes standar. Tes-tes ini telah dilakukan oleh banyak orang dan memungkinkan psikolog anak untuk membandingkan hasil anak Anda dengan orang lain untuk menilai berbagai kemampuan. Mereka ingin tahu bagaimana fungsi anak di berbagai bidang seperti perilaku atau gerakan (ketangkasan) dan dalam mata pelajaran seperti membaca, menulis dan matematika.

Dapat mengevaluasi catatan medis, catatan sekolah, atau wawancara atau menguji orang tua atau guru anak untuk belajar lebih banyak tentang anak tersebut.

Tes psikologi bukan evaluasi cepat. Penilaian sering membutuhkan beberapa jam untuk diselesaikan dan kemungkinan akan melibatkan lebih dari satu sesi untuk memastikan psikolog memiliki semua detail tentang seorang anak. Dengan menyatukan semua informasi, psikolog anak sampai pada pemahaman di mana seorang anak membutuhkan bantuan dan dapat mengembangkan strategi untuk membantu anak mencapai potensi penuh mereka.

Apa Yang Terjadi Ketika Kita Mendapatkan Hasil Penilaian Psikologis?

Ketika pengujian selesai, psikolog anak akan membahas hasilnya dengan orang tua anak. Ingatlah bahwa hasilnya tidak mengungkapkan 100% potensi, kemampuan, atau keterampilan anak. Sebaliknya, evaluasi digunakan sebagai cara untuk belajar tentang “tingkat fungsi saat ini” anak secara emosional, di sekolah dan lingkungan rumah mereka, bagaimana mereka belajar, serta kekuatan dan kelemahan mereka.

Psikolog anak akan membahas bidang-bidang di mana anak bekerja dengan baik dan menawarkan saran untuk membantu mereka meningkatkan bidang-bidang yang perlu ditangani. Jika anak di diagnosis dengan ketidakmampuan belajar, atau masalah perilaku atau emosi, rekomendasi akan dibuat untuk cara-cara untuk membantu anak mengelola masalah atau masalah tertentu. Dengan mengevaluasi dan memahami di mana anak memiliki masalah, psikolog anak dapat memberikan strategi koping yang positif, mengurangi stres anak dan memperkaya kompetensi dan kesejahteraan mereka.