Biarkan Anak-Anak Bermain: Mengapa Menambahkan Kesenangan ke Kelas Membantu Anak Belajar

LPT DELTA JOGJA

Saya memiliki seorang kolega yang baru saja kembali ke ruang kelas dasar setelah istirahat 10 tahun. Seperti yang diharapkan, banyak yang telah berubah – teknologi, harapan komunikasi (pesan teks nyaris tidak ada ketika dia pergi) dan latihan keselamatan sekolah.

Main game, bersenang-senang, tertawa terbahak-bahak dengan siswa Anda. Semua ini, diambil dalam ukuran yang tepat, akan baik untuk mereka dan bahkan lebih baik untuk Anda.

Namun dia menemukan perubahan yang paling mencolok adalah harapan yang meningkat dari Standar Kurikulum Inti Umum dan pengujian standar yang lebih sering dipertaruhkan. “Saya tidak akan berpikir apa-apa membawa anak-anak keluar pada hari Jumat sore, setelah seminggu yang panjang di sekolah, untuk bermain sepak bola,” katanya. “Aku tidak akan pernah mempertimbangkan itu hari ini. Orang-orang akan memandang saya seolah saya gila. ”

Sementara saya memuji fokus kuat sekolah kami pada akademisi, saya pikir kami kehilangan ide “sekolah sebagai hal yang menyenangkan.” Tentu saja, sekolah bukan hanya perkemahan musim panas dengan meja, dan kita perlu memiliki kekakuan akademis dan harapan yang tinggi, tetapi ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk membawa siswa keluar, meluncurkan kickball dan melakukannya.

Ingatlah hal ini jika Anda ingin menyuntikkan lebih banyak kesenangan di kelas Anda:

Belajar bisa ditangkap, dan bukan hanya diajarkan

Kita jatuh ke dalam jebakan berpikir bahwa belajar paling baik dilakukan di dalam empat dinding ruang kelas kita. Memecah kebodohan hari itu, membawa siswa keluar dan membiarkan mereka membakar sejumlah energi akan berdampak positif pada kelas Anda.

Lapor pembelajaran ke aktivitas luar dengan mengikat pertanyaan dan jawaban untuk permainan. Misalnya, selama pertandingan kickball yang disebutkan di atas, izinkan semua pelari untuk memajukan basis jika mereka dapat menjawab pertanyaan spesifik per subjek. Membuat pengalaman itu menyenangkan dan mengikatnya untuk belajar akan membantu meruntuhkan hambatan bagi beberapa siswa.

Bertujuan untuk keseimbangan

Menyenangkan itu menyenangkan. Akibatnya, siswa akan ingin mengembalikan waktu dan sekali lagi ke kegiatan yang bukan murni akademis. Berjuang untuk keseimbangan dan jangan ditarik ke atas untuk bersenang-senang berlebihan. Itu tidak baik untuk siswa Anda dan akan diperhatikan oleh kolega, orang tua, dan administrator sekolah.

Tetapkan ekspektasi waktu yang jelas dan patuhi mereka. Tawa dan kegembiraan yang tulus di kelas adalah hal-hal yang baik, tetapi mereka bekerja paling baik jika diterapkan dalam jumlah yang tepat. Jika Anda tidak yakin di mana garis itu berada, berkonsultasilah dengan kolega Anda yang lebih berpengalaman (dan berhati-hatilah dengan kolega yang memberitahu Anda untuk menghindari kesenangan dengan cara apa pun.)

Pergi sekolah tua

Ya, ada waktu sebelum “Angry Birds.” Itu memang ada. Saya ada di sana. Izinkan saya dengan kuat menekankan manfaat luar biasa dari mengajarkan permainan papan sekolah lama kepada siswa Anda – Kehidupan, Monopoli, Luncuran dan Tangga, Candyland, Battleship dan Connect Four langsung muncul di benak Anda.

Ada banyak manfaat bagi siswa Anda memainkan permainan ini. Pemikiran dan pembelajaran yang diperlukan untuk strategi yang baik, mengikuti aturan dan menjadi pecundang yang baik (dan pemenang) hanyalah beberapa hal yang positif.

Adalah baik bagi siswa untuk menang dan kalah dari waktu ke waktu, dan dampak sosial yang rendah dari kehilangan permainan papan adalah pelajaran yang baik. Di luar permainan ini, siswa harus belajar bermain catur dan catur serta permainan yang lebih rumit seperti Risk and Settlers of Catan. Ketajaman mental yang diasah sambil bersenang-senang akan sangat membantu pekerjaan Anda.

Main game, bersenang-senang, tertawa terbahak-bahak dengan siswa Anda. Semua ini, diambil dalam ukuran yang tepat, akan baik untuk mereka dan bahkan lebih baik untuk Anda. Pastikan untuk menjadi pecundang yang baik di sepanjang jalan.

Solusi : Lembaga Psikologi Terapan DELTA Jogja membantu anak dalam mengikuti perkembangan usianya, mulai berlatih berbicara, bermain sambil belajar, meningkatkan konsentrasi belajar dan lain sebagainya. Kami selalu siap membantu segala permasalahan putera puteri anda dalam tahap perkembangan. Untuk layanan kami silakan klik disini