Game online anak-anak adalah sesuatu yang bisa  dimainkan dengan aturan tertentu dan hasil akhir ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya kegiatan ini dilakukan dengan tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Istilah ngegame, ini biasa dilakukan anak-anak dengan media komputer, laptop, tablet bahkan untuk saat ini dikenal dengan handphone. Handphone pada dasarnya adalah sebuah alat untuk berkomunikasi. Dengan seiringnya waktu maka handphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi digunakan untuk bermain game bagi anak-anak.

Jenis game online anak-anak

Game online strategi

Jenis game peperangan yang meminta pemainnya mengatur strategi yang baik dan jitu untuk memenangkan game. Dalam game ini anak-anak sebagai seorang pemain harus mampu mengelola sebuah tim atau negara yang dipilihnya. 

Game petualangan

Game ini mengambil topik memecahkan misi/misteri, misalnya memburu harta karun, atau menyelamatkan karakter lain. Hal ini tentu saja membuat anak-anak merasa menjadi petualang sejati saat memainkannya.  

Game action

Jenis game yang memerlukan ketangkasan dari orang yang memainkannya. Hal ini membutuhkan keahlian dan keterampilan tertentu dalam memainkannya. Biasanya di dalam game ini anak diharuskan untuk memerankan sebuah karakter yang sedang dijalankannya untuk sebuah misi tertentu. Dalam sebuah rintangan ada bermacam-macam misi yang harus diselesaikan. Misi tersebut harus mengalahkan musuh atau menyelamatkan karakter lain. Oleh karena itu terkadang dibutuhkan ketangkasan atau keterampilan tertentu untuk memenangkan game. 

Manfaat bagi anak-anak

Bermain merupakan dunia bagi anak-anak, sehingga mereka sangat menyukai permainan game tersebut. Namun demikian, anak harus tetap  memiliki batasan waktu untuk bermain. Bermain game ini mempunyai manfaat bagi anak-anak.

1. Belajar bahasa Inggris 

Salah satu jenis game yang populer di kalangan anak-anak adalah game online. Game ini biasanya dibuat dengan bahasa inggris oleh perusahaan di luar negeri. Saat mengoperasikannya, anak secara tidak langsung diharuskan untuk bisa bahasa Inggris agar bisa menyelesaikan misi. Hal inilah yang dinamakan belajar Inggris secara langsung walaupun hanya duduk dan diam.

2. Latihan logika 

Pada saat memainkan game, anak-anak harus menggunakan trik/strategi untuk menyelesaikan misinya. Permainan ini secara tidak langsung membantu anak-anak melatih logika, menganalisa dan memecahkan masalah agar menang. . 

3. Latihan kemampuan spasial 

Dengan game berarti melatih kemampuan spasial anak, kemampuan ini berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi.Kemampuan ini juga terhadap kemampuan berhitung dan membantu motorik halus anak-anak.  

4. Pengenalan teknologi 

Game online ini mengajarkan anak untuk lebih paham terhadap  teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini 

5. Meningkatkan kemampuan membaca 

Game online ini sangat membantu anak dalam melatih kemampuan membaca. Bagaimana tidak, untuk menyelesaikan satu misi terkadang dibutuhkan beberapa petunjuk. Petunjuk ini terdiri dari bacaan-bacaan dan anak harus bisa membaca untuk memahaminya. Saat bermain anak juga diharuskan membaca dan memahami perintah yang diberikan oleh tokoh game. Hal inilah secara tidak langsung anak-anak dapat belajar membaca dan memahami suatu kalimat.. 

6. Latihan bekerjasama 

Ada jenis game online yang dimainkan secara bersama-sama atau berpasangan hal ini membuat anak bermain secara bersamaan sehingga menjalin kerjasama dengan teman-temannya. 

7. Rangsangan/stimulasi otak 

Anak-anak yang bermain game online dapat membuat permainannya sendiri dengan cara masing-masing. Hal ini dapat membantu rangsangan/stimulasi otak sehingga mempunyai pemikiran untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit. Proses panjang dan rumit ini adalah bagian dari pengembangan kreativitas. 

8. Pengembangan imajinasi 

Game online dapat membantu anak dalam mengembangkan sebuah imajinasinya. Terkadang sesuatu yang terjadi dalam game yang dimainkannya menginspirasi mereka untuk diwujudkan dalam dunia nyata. Anak dapat menggunakan imajinasi tersebut untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam game tersebut dan diaplikasikan dalam dunia nyata tentu saja hal yang positif./

9. Berlatih ekonomi 

Ada kalanya game online mengajarkan pada anak tentang latihan ekonomi. Misalkan saja game tentang berbelanja, game restoran, dan lain-lainnya. Game ini akan mengajarkan pentingnya nilai uang yaitu bagaimana cara mendapatkan dan menukarkan uang dengan objek yang mereka inginkan. 

10. Meningkatkan keakraban keluarga 

Game online dapat dimainkan oleh orang tua tidak hanya untuk anak-anak, sehingga anggota keluarga yang lain bisa ikut bermain. Baik bapak, ibu, kakak dan adik semua ikut bermain sehingga dapat meningkatkan keakraban hubungan antar keluarga.


Pola belajar saat pandemi

Game online adalah permainan yang sangat populer saat ini dan sangat digemari oleh kalangan anak-anak. Hal ini menyebabkan anak-anak banyak yang suka ngegame daripada membaca sampai yang pecandu game tidak ingat waktu. Game ini dapat berdampak negatif salah satunya membuat anak menjadi malas belajar

Dalam hal ini anak-anak menjadi malas belajar ataupun melakukan kegiatan yang seharusnya mereka lakukan oleh seorang pelajar. Anak-anak terlanjur menggemari game online sehingga menurunkan aktivitas belajar sehari-hari. Anak-anak lebih memilih bermain game onlinenya daripada melakukan belajar dan melakukan aktivitasnya.

Bahaya game bagi anak-anak

Anak-anak sekarang sudah dibiasakan dengan gadget untuk bermain game online, hal ini adalah salah satu kesalahan orang tua. Orang tua mungkin hanya ingin menunjukkan kasih sayang pada anak. Perwujudannya dengan memberikan berbagai gadget, tetapi secara tidak langsung telah mengajarkan hal negatif kepada anak. Hal ini dapat mengganggu perkembangan anak di kemudian hari. Game online ini bisa memberikan dampak yang buruk pada perkembangan anak, pengaruh yang dapat dilihat yaitu anak lupa waktu, semangat belajar menjadi menurun dan kesehatannya menjadi terganggu. 

Pengaruh negatif yang lain yaitu game online dapat merusak moral dan perilaku sosial anak, karena anak bisa mempunyai sikap egois, sikap seenaknya sendiri, keras kepala, dan juga membuat anak menutup diri dari dunia luar sehingga anak jarang berhubungan dengan orang lain di sekitarnya.

Melihat hal semacam ini terkadang membuat orang tua kebingungan menghadapi masalah ini. Banyak juga dari orang tua kebingungan mencari solusi untuk mengakhiri permasalahan anak susah belajar. Ada juga orang tua mencari jalan untuk konsultasi psikologi dengan psikolog untuk bersama-sama menemukan solusi ini. Konsultasi ini biasa ditempuh oleh orang tua di Lembaga Psikologi / LPT atau Biro Psikologi di wilayah terdekat mereka tinggal.