Tes Psikologi Jogja

Arti Tes Psikologi

Pada dasarnya tes psikologi yaitu metode dan serangkaian instrumen yang dijalankan untuk mengukur aspek-aspek yang tidak teramati secara langsung pada manusia yang menyangkut aspek psikologi. Tes psikologi menggunakan konstruksi tertentu untuk menentukan kondisi tertentu pada manusia. Salah satu contohnya tes yang dilakukan untuk mengukur IQ pada manusia. IQ adalah konstruk yang digunakan untuk menentukan kemampuan kognitif manusia. Pengukuran/penentuanya dilakukan dengan memberikan serangkaian tugas untuk dikerjakan oleh klien. Alat ukur dengan standar tertentu akan menggambarkan situasi pada aspek psikologis.

Siapa yang harus tes psikologi?

Semua orang atau manusia berhak melakukan tes psikologi untuk mengetahui keadaan dirinya. Pengujian tes psikologi biasanya disarankan untuk beberapa alasan. Misalnya pada anak-anak, tes pengujian ini digunakan untuk: 1) menentukan kemungkinan keterlambatan perkembangan, kesulitan belajar, ataupun pengolahan permasalahan; 2) memeriksa kondisi seperti gangguan dalam hal konsentrasi, gangguan spektrum autis, gangguan emosi ataupun gangguan perilaku; 3) untuk mengukur kecerdasan; 4) menentukan kemampuan keahlian; 5) Melacak perkembangan kecerdasan; 6) Menentukan permasalahan sosial. Sedangkan pada seorang dewasa, penilaian psikologi dilakukan untuk: 1) menyaring calon pegawai dari adanya gejala psikopati, seperti gangguan kepribadian atau depresi; 2) untuk tujuan pendidikan (menentukan kekuatan dan kelemahan seseorang); 3) pengelolaan perilaku; 4) sebagai persyaratan dalam penggunaan obat-obat pendukung terapi; 5) untuk menegaskan temuan klinis.

Tidak ada satupun jenis tes psikologi yang berlaku secara umum untuk semua. Tes psikologi tersebut akan disesuaikan agar cocok dengan kebutuhan dan keadaan dari setiap klien. Salah satu contohnya jenis tertentu dari materi tes dan penilaian yang akan dipergunakan oleh psikolog akan sangat berbeda dengan yang digunakan oleh psikolog lainnya. Selanjutnya tes psikologi itu bukan dilakukan berdasarkan lulus atau gagal. Segala informasi yang tersedia akan dipergunakan untuk melakukan diagnosis, yang pada akhirnya digunakan sebagai dasar dari rencana perawatan yang sesuai. Seorang psikolog akan mengevalusi secara keseluruhan dan memberikan diagnosis. Apabila anda mengalami gangguan maka Anda akan dirujuk pada spesialis lain untuk perawatan yang lebih tepat.

Baca Juga :  Cara yang dapat digunakan orang tua dalam mendidik anak

Dimana tempat tes psikologi?

Kita bisa mengetahui keadaan kita hanya dengan tes psikologi.  Tes psikologi bisa dilaksanakan di suatu biro psikologi atau lembaga yang menyelenggarakn praktek psikologi. Untuk daerah kota Yogyakarta sudah banyak tersedia biro psikologi. Salah satu biro konsultasi psikologi jogja yang bisa anda telpon dan menentukan waktu untuk tes psikologi adalah Tes Psikologi Jogja DELTA. Anda bisa telpon maupun WA ke nomor 089665529596 untuk fast responnya dan kalau anda ingin datang ke kantornya klik DISINI.

Untuk mengetahui keadaan kita memang seharusnya melakukan tes psikologi. Karena tes psikologi ini merupakan pengukuran fungsi mental yang formal dan sistematis. Ada beberapa jenis tes psikologi untuk tolok ukur keadaan kita yaitu: 1) tes pencapaian dan kecerdasan pada tes kecerdasan;  2) tes neuropsikologi; 3) tes Karir; 4) tes kepribadian; 5) tes klinis tertentu.

Kapan sebaiknya ke psikolog?

Memang anda harus mencari pelayanan dari seorang ahli untuk sebuah penilaian psikologi. Sebaiknya anda mencatat juga bahwa psikolog seringkali memberikan saran gabungan dari beberapa tes yang berbeda untuk memperoleh diagnosis yang lengkap. Hal ini karena informasi yang dikumpulkan melalui tes bisanya bukan satu-satunya dasar bagi diagnosis. Riwayat pribadi, pengamatan yang mendalam dari catatan medis, pendidikan dan juga latar belakang psikologis maupun pertimbangan faktor yang mungkin tidak secara langsung berhubungan contohnya budaya, perbedaan bahasa dan juga keterbatasan tes juga harus dipertimbangkan.

Biasanya tidak terdapat risiko dalam sebuah tes psikologi. Tes tersebut menyediakan pandangan yang berharga terhadap kemampuan mental dan perilaku seseorang tetapi satu hal yang harus dipertimbangkan bahwa tes psikologi hanyalah alat yang mungkin mempunyai keterbatasan tertentu. Walaupun terdapat kemungkinan tes yang luas, masih terdapat ketidakpastian dalam pengukuran yang mungkin gagal diungkap oleh tes tersebut. Terlebih lagi, hasil dari tes tersebut mungkin cuma relevan dalam periode tertentu dan harus diupdate agar tetap nyata dan dapat dipercaya.

Baca Juga :  JENIS-JENIS PARENTING PENDIDIKAN (EDUCATION)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chatting with Admin