TES PSIKOLOGI KEPRIBADIAN

Arti Kepribadian

Kepribadian adalah keseluruhan dari cara seseorang individu dalam bereaksi dan berinteraksi dengan individu yang lain. Kepribadian ini lebih sering diartikan dengan istilah sifat yg bisa ditentukan dan diukur yang ditunjukkan oleh seseorang individu. Selain itu kepribadian juga lebih sering diartikan sebagai ciri-ciri yang menonjol pada seseorang individu misalnya seperti kepada orang yang pemalu “berkepribadian pemalu”. Maka dari itu kepribadian merupakan sesuatu yang bisa berubah secara eksplisit dalam penyebutannya, kepribadian itu tumbuh dan mengalami perubahan secara teratur.

Arti Tes Psikologi Kepribadian

Tes Kepribadian atau yang sering disebut dengan sebutan personality test adalah tes yang digunakan untuk menebak sifat-sifat dan karakter seseorang individu. Karakteristik seseorang biasanya menentukan posisi dalam menempati jabatan di sebuah lembaga atau perusahaan.

Jenis jenis tes kepribadian

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis tes psikologi kepribadian:

  1. Tes kepribadian DAP (Menggambar Orang) adalah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang melalui cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta tes.
  2. Tes kepribadian Baum (Tree Test) adalah tes yang digunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseoarang dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta test.
  3. Tes kepribadian Enneagram Personality adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian atau watak sesorang yang terbagi menjadi 9 jenis tipe yaitu melalui cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  4. Tes kepribadian Efektifitas diri adalah tes yang digunakan untuk mengetahi tingkat efektif (cepat dan tepat) seseorang dalam melakukan tugas serta menyelesaikan berbagai keadaan yang sulit.
  5. Tes kepribadian HTP (House Tree Person) ialah tes yang dipergunakan untuk menilai kepribadian dan karakter seseorang melalui cara menganalisa gambar pohon, gambar rumah dan gambar orang yang dibuat oleh peserta tes.
  6. Tes kepribadian EPPS yaitu tes kepribadian yang dipergunakan untuk mengetahui tipe-tipe motivasi, kesukaan dan kebutuhan pribadi seseorang melalui cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  7. Tes kepribadian ketelitian adalah tes yang digunakn untuk mengukur tingkat ketelitian ataupun tingkat kecermatan seseorang dalam melakukan pengolahan data yang berupa angka, kata ataupun kombinasi antara angka dan kata.
  8. Tes kepribadian MBTI adalah tes yang dipergunakan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungan dengan menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
  9. Tes kepribadian Pauli Kraepplin yaitu tes yang digunakan untuk mengukur karakter pada diri seseorang pada beberapa aspek tertentu diantaranya yaitu aspek kehendak atau kemauan individu, aspek daya tahan atau keuletan, aspek penyesuaian diri, aspek emosi, serta aspek stabilitas diri melalui cara memintanya untuk melakukan perhitungan angka-angka dalam deret yang panjang.
  10. Tes kepribadian MAPP ialah tes yang dipergunakan untuk mengukur pilihan kesukaan seseorang dalam bermacam hal terutama yang berhubungan erat dengan pekerjaan ataupun dunia kerja yang profesional.
  11. Tes kepribadian Teamwork Test ialah tes yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk meraih tujuan bersama.
  12. Tes kepribadian skala kematangan yaitu tes yang dipergunakan untuk mengukur tingkat kematangan atau kedewasaan sikap seseorang dalam bertindak pada situasi tertentu.
  13. Tes kepribadian WARTEGG adalah tes yang dipergunakan untuk meneliti atau mengeksplorasi kepribadian seseorang terutama dalam hal imajinasi, emosi, kontrol, dinamisme, serta reality function yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan dari 8 macam gambar yang telah dibuatnya.
  14. Tes kepribadian kecenderungan sukses adalah tes yang digunakan untuk melakukan deteksi kecenderungan seseorang untuk menjadi orang yang sukses berdasarkan dari faktor-faktor tertentu yang terdapat pada dirinya.
Baca Juga :  Konsultasi Psikologi

Dimana tempat Tes Psikologi Kepribadian di Jogja?

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan tes psikologi kepribadian, ada baiknya bila anda melakukan survei / googling di internet dimana ada biro atau lembaga psikologi. Setelah mendapatkan beberapa nomor telepon lembaga atau biro psikologi tersebut, hubungilah satu persatu. Apabila respon cepat dapat langsung balasan, berarti biro atau lembaga psikologi tersebut bisa dijadikan rujukan untuk melakukan tes psikologi, dan sebaliknya. Di wilayah Yogyakarta banyak sekali terdapat biro atau lembaga psikologi yang buka praktek dalam hal jasa tes psikologi. Salah satunya kami Lembaga Psikologi Terapan DELTA yang melayani semua jenis tes psikologi yang sudah terpercaya sejak tahun 2003. Hubungi admin kami di 089665529596 atau KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *