Tips Lolos Rekrutmen Karyawan / Pegawai

Mencari pekerjaan pada akhir-akhir jaman ini sangat hal ini disebabkan karena terbatasnya lapangan kerja yang ada dan semakin banyaknya pencari kerja dalam waktu yang bersamaan.

Tidak dipungkiri akhirnya mereka selalu bersaing dan menunjukkan kemampuannya hal inilah yang akan dipilih untuk bekerja.

Kebanyakan perusahaan swasta dan negeri memberikan syarat khusus bagi para calon karyawan mereka. Pencari kerja harus jeli dan pandai menonjolkan kemampuannya yang pada akhirnya dilirik perusahaan atau tempat pekerjaan tersebut.

Proses pencari kerja sangat tidak asing dengan istilah seleksi karyawan. Seleksi karyawan diperuntukkan bagi perusahaan dalam mencari calon pekerja yang paling pas dan tepat dengan kebutuhan pekerjaan yang sudah ditentukan perusahaan.

Proses seleksi artinya memilih para calon karyawan / pegawai yang mengajukan lamaran untuk bergabung dengan suatu perusahaan. Biasanya proses seleksi para calon pegawai perusahaan adalah sebagai berikut:

– Menyiapkan semua berkas-berkas lamaran untuk diberikan pada perusahaan seperti surat lamaran kerja, curriculum vitae, fotokopi KTP, fotokopi ijazah terakhir dan nilai ijazahnya jika diperlukan dan surat referensi kerja jika dulu pernah bekerja di suatu perusahaan tertentu

– Mengirim berkas lamaran tersebut ke perusahaan, bisa lewat pos, datang langsung (biasanya jika perusahaan mensyaratkan untuk interview langsung), atau yang sekarang sedang tren bisa melalui surat elektronik (e-mail).  

– Menyiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi karyawan, jadi dalam masa tunggu tersebut calon karyawan bisa mempelajari beragam hal yang diperlukan sebelum mengikuti proses seleksi tersebut. Contohnya seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) yang sekarang mengunakan cara komputerisasi dengan ujian langsung melalui aplikasi di komputer. Calon karyawan bisa mencari atau belajar tes cpns tersebut yang sudah banyak disediakan bukunya di beragam toko buku atau bisa melalui internet.

Banyak hal yang dilakukan perusahaan dalam proses seleksi karyawan. Misalnya melakukan wawancara khusus atau bertatap muka, mengadakan psikotest untuk memahami calon karyawan atau melihat berkas lamarannya.

Jika memenuhi syarat dan lulus tes serta wawancara mulailah mereka diberi kesempatan untuk bersaing dan bekerja di perusahaan tersebut.

Lantas alasan apa suatu perusahaan mengadakan proses seleksi karyawan sebelum menerima mereka? Berikut beberapa hal yang mendasari:

1) Agar mengenal sejauh mana calon karyawan secara mental dan keilmuan
2) Mengenalkan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut apakah sesuai harapan dari si pelamar kerjanya
3) Menggambarkan bidang pekerjaan di perusahaan tersebut agar lebih dipahami sang karyawan beserta deskripsi pekerjaannya

Sedangkan bagi pencari kerja apa saja yang harus dipersiapkan agar sukses dalam seleksi karyawan?

a) Anda harus memahami terlebih dahulu latar belakang perusahaan yang sedang anda lamar, misalnya bergerak di bidang apa, sejarah perusahaan tersebut dan lain sebagainya. Biasanya di era modern ini perusahaan ternama memiliki situs website. Calon karyawan bisa membaca dan mengenal lebih lanjut perusahaan yang sedang mereka inginkan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

b) Pastikan bahwa anda telah merasa cocok atau paling tidak percaya diri (PD) mengajukan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Meskipun agak sulit mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya dan ilmu yang anda pelajari di perguruan tinggi. Jangan sampai anda buta sekali mengenai ruang lingkup pekerjaan yang sedang anda lamar. Setidaknya anda paham dan merasa siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang ruang lingkup kerjanya.

c) Bersiaplah untuk menunjukkan yang terbaik dalam diri anda ketika proses seleksi karyawan berlangsung. Misalnya ketika mengikuti psikotes dan tes ujian tertulis, tenangkan diri, tidak usah grogi dan lakukan yang terbaik dalam menjawab soal tersebut. Ketika anda sedang melakukan wawancara perhatikan penampilan anda dan tunjukkan kompetensi yang ada dalam diri.

Untuk hal ini anda juga bisa berlatih di Delta Psikologi Jogja yang ahli dalam Rekruitmen Karyawan, Evaluasi Kerja, Promosi Jabatan, Penilaian Kerja, Interview, FGD/LGD, Trainning dan Pelatihan.

× Chatting with Admin